Kandungan Nutrisi Kentang yang Baik Bagi Kesehatan

Healthyway - Kandungan Nutrisi Kentang - Kentang sering kali dianggap sebagai musuh bagi sebagian orang yang sedang menjalani program diet. Hal ini dikarenakan kentang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi di dalamnya. Padahal, kentang memiliki banyak kandungan gizi lain yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Berbagai macam kandungan serat, vitamin, antioksidan, dan mineral juga terkandung di dalam kentang.

Kentang umumnya di sajikan dengan cara di rebus, digoreng, dikukus, atau dipanggang. Kentang juga bisa di sajikan sebagai makanan utama, makanan sampingan, atau cemilan ringan. Meskipun kentang didominasi dengan kandungan karbohidrat, namun kentang tetap memiliki banyak kandungan gizi lain yang bermanfaat bagi tubuh.

Nutrisi yang terkandung di dalam kentang, terdiri dari 2 jenis yaitu nutrisi mikro dan makro. Nutrisi mikro adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan jumlah yang tidak terlalu banyak seperti vitamin dan mineral. Sedangkan nutrisi makro adalah nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang banyak seperti protein, lemak, dan pastinya karbohidrat.


Kandungan Nutrisi Kentang


Didalam kentang, juga terkandung banyak nutrisi lain. Diantaranya :

 Protein


Protein berfungsi sebagai penghasil zat kimia yang ada di dalam tubuh seperti enzim dan hormon. Pembentukan sel darah merah, otot, tulang, rambut, dan kulit juga dapat di tunjang dengan adanya protein. Didalam kentang, terkandung sekitar 1 hingga 1,5% ketika masih segar dan 8 hingga 8,9 % ketika sudah di keringkan. Kandungan protein di dalam kentang memang tidak terlalu banyak bila di bandingkan dengan daging - dagingan. Bahkan, kandungan protein yang ada di dalam kentang leboh rendah bila dibandingkan dengan sumber karbohodrat lain seperti jagung dan gandum. Meskipun tidak memiliki kandungan protein dalam jumlah banyak, kualitas protein yang ada di dalam kentang tergolong sangat bagus. Namun, beberapa orang justru memiliki alergi pada sumber protein utama pada kentang yang bernama patatin.

 Antioksidan


Antioksidan dikenal sangat efektif dalan menangkal radikal bebas. Sebuah studi menunjukan bahwa antioksidan dapat mencegah berbagai penyakit mematikan seperti diabetes, jantung koroner bahkan kanker. Antioksidan yang terkandung di dalam kentang juga dipercaya dapat mengurangi jumlah sel kanker yang dapat menyebabkan kanker hati dan usus besar. Meskipun dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit mematikan, masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat dari kentang yang satu ini.

 Kalium


Kalium merupakan salah satu mineral yang sangat banyak di temui di dalam kentang. Kalium banyak terkandung dalam bagian kulit kentang. Fungsi dari kalium ini adalah untuk mengurangi resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan juga stroke.

 Asam Folat


Asam folat merupakan bentuk sintetik dari folat. Namun, keduanya memiliki fungsi yang sama. Folat ataupun asam folat sama - sama dapat mencegah terjadinya keguguran pada bayi dan mencegah bayi terlahir dengan kondisi cacat. Oleh karena itu, asam folat sangat di anjurkan untuk di konsumsi pada ibu hamil ada dalam masa program kehamilan.

 Vitamin B6


Vitamin B6 juga merupakan salah satu vitamin yang terkandung di dalam kentang. Vitamin B6 memiliki peran yang cukup penting dalam pembentukan sel darah, membantu produksi zat kekebalan tubuh atau antibodi, menunjang penguraian protein di dalam tubuh dan memelihara kesehatan saraf.

 Vitamin C


Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang sangat efektif dalam mencegah berbagai penyakit. Vitamin C memiliki fungsi yang paling penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, memperbaiki jaringan tubuh, dan membantu penyerapan zat besi. Didalam kentang, vitamin C banyak di temukan pada bagian kulitnya.

 Karbohidrat


Kandungan nutrisi kentang terakhir yang ada pada kentang ini sering kali dianggap menjadi penyebab utama dalam kenaikan berat badan. Hal ini memang tidak dapat dibilabg salah. Apalagi bila karbohidrat di konsumsi secara berlebihan. Meskipun begitu, tubuh tetap membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup. Hal ini dikarenakan karbohidrat menjadi sumber energi utama dalam tubuh manusia. Namun, bila dikonsumsi secara berlebihan, karbohidrat akan di ubah menjadi energi cadangan berupa lemak yang dapat meningkatkan berat badan.

0 Response to "Kandungan Nutrisi Kentang yang Baik Bagi Kesehatan"

Posting Komentar