Waspada dan Kenali Penyebab Gula Darah Tinggi

Ketika kandungan gula di dalam darah anda mengalami peningkatan, anda akan mengalami kondisi yang di namakan hiperglikemia atau gula darah tinggi. Kondisi ini lebih sering di alami oleh seseorang yang menderita diabetes. Bila kondisi ini sudah terjadi, harus segara ada penangan yang di berikan. Hal ini di karenakan diabetes dapat menjadi penyakit yang sangat mematikan bila tidak segera di obati. Oleh karena itu, kita harus mengetahui penyebab dan gejala yang di timbulkan oleh diabetes agar dapat memberikan penanganan secepat mungkin.


Penyebab Diabetes


Diabetes dapat di sebabkan karena tingginya kandungan glukosa di dalam darah. Ketika kandungan glukosa mengalami peningkatan, maka kadar insulin di dalam darah juga akan ikut meningkat. Hal inilah yang menjadi penyebab utama terjadinya diabetes.

Meningkatnya kadar gula darah umumnya disebabkan karena adanya infeksi di dalam tubuh. Infeksi tersebut dapat di sebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. Keadaan pikiran yang mengalami stress dan kurang melakukan aktivitas fisik juga dapat menyebabkan kadar gula darah di dalam tubuh meningkat. Selain itu, meningkatnya gula darah di dalam tubuh juga dapat disebabkan karena melakukan kegiatan fisik yang terlalu berat ketika kadar insulin di dalam darah sedang dalam keadaan rendah.

Namun, sayangnya kondisi ketika gula darah mengalami peningkatan sering kali di anggap wajar bagi sebagian penderita diabetes. Hal ini di karenakan mereka merasa dengan cara meminum obat penurun glukosa dan menyuntikan penurun insunlin saja sudah dapat mengembalikan keadaan kadar gula darah menjadi normal kembali.

Tetapi, kita tetap tidak boleh meremehkan kondisi gula darah yang tinggi meskipun hal ini sering di anggap wajar oleh sebagian orang. Bila tidak segera diberi penanganan yang tepat, kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan ketoasidosis diabelik. Ketoasidosis diabelik adalah sebuah kompilakasi diabetes yang sangat mematikan bila tidak segera di obati.

Tubuh tidak akan bisa mengolah gula darah atau glukosa dengan baik ketika kadar insulin di dalam tubuh sedang dalam kondisi rendah. Oleh karena itu, tubuh menggunakan lemak yang merupakan sumber cadangan energy sebagai pengganti glukosa. Dari hasil pengolahan lemak menjadi sumberi energy ini, terciptalah sebuah senyawa bernama keton dalam jumlah yang cukup banyak. Senyawa keton ini bersifat asam dan berbahaya bila terlalu banyak terkandung di dalam tubuh manusia.

Gejala Gula Darah Tinggi


Sebenarnya, semua orang dapat mengalami kondisi dimana terjadi peningkatan pada kadar gula di dalam darah. Bahkan seseorang yang tidak memiliki riwayat penyakit diabetes sekalipun dapat mengalami hal ini. Namun, gula darah tinggi lebih sering menyerang seseorang yang memiliki penyakit seperti jantung, diabetes, stroke, atau memiliki infeksi yang cukup parah.

Oleh karena itu, meningkatnya kadar gula darah seseorang seringkali tidak dianggap menjadi sesuatu yang serius. Namun, kalian tetap harus mewaspadai gejala – gejala yang seringkali ditimbulkan akibat dari meningkatnya gula darah. Diantaranya :


  • Selalu merasa haus namun sering buang air kecil
  • Berat badan menurun namun nafsu makan meningkat
  • Sering merasa kelelahan meskipun tidak melakukan aktivitas berat
  • Mulut kering
  • Penglihatan menjadi lebih buram
  • Kulit terasa sering gatal

Makanan Penurun Gula Darah


Mulailah mengubah pola hidup anda menjadi lebih sehat agar kondisi gula darah tinggi tindak berkepanjangan dan menyebabkan datangnya penyakit lain. Anda dapat memulainya dengan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah dengan cukup efektif. Diantaranya :

  • Buah ceri
  • Kayu manis
  • Alpukat
  • Kacang – kacangan
  • Bawang putih


0 Response to "Waspada dan Kenali Penyebab Gula Darah Tinggi"

Posting Komentar